PROFIL

Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat adalah salah satu Fakultas  dari 11 (sebelas) Fakultas di Universitas Lambung mangkurat, yang berkantor di Kampus I Kayu Tangi Banjarmasin. Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat yang juga termasuk Fakultas pelopor berdirinya Universitas Lambung Mangkurat. Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat merupakan Fakultas Hukum tertua di Kalimantan.

Sejarah Singkat Universitas Lambung Mangkurat

Kampus yang berpusat di Jalan Brigjen Haji Hasan Basri Kayu Tangi, Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini adalah buah jasa dari para pejuang revolusi kemerdekaan RI. Mereka adalah para tentara yang dengan gigih berjuang semasa Indonesia dijajah oleh Belanda. Setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada 27 Desember 1949, para pejuang ini mengadakan acara reuni pada tahun 1957. Dari pertemuan tersebut, dihasilkan kesepakatan untuk mendirikan Dewan Lambung Mangkurat yang fokus utamanya adalah membangun dan mengembangkan wilayah Kalimantan Selatan.

Organisasi yang telah dibentuk tersebut bertekad untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang kemudian dinamakan Universitas Lambung Mangkurat. Nama tersebut diadopsi dari nama salah satu tokoh yang berperan penting dalam pendirian Kerajaan Negaradipa, sebuah kerajaan yang menjadi asal mula Kerajaan Banjar. Pemilihan nama Lambung Mangkurat ditujukan untuk mengenang jasa tokoh tersebut bagi peradaban masyarakat di Kalimantan Selatan.

Kampus yang lebih dikenal dengan ULM ini diresmikan pada tanggal 28 September 1958 dengan rektornya yang pertama, yaitu Letnan Kolonel Hasan Basry. Di awal berdirinya, hanya terdapat empat (4) fakultas di Universitas Lambung Mangkurat, antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial dan Politik, dan Fakultas Islamologi. Namun, setelah ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada 1 November 1960, Fakultas Islamologi menjadi bagian dari IAIN Antasari, dan kemudian dibentuklah Fakultas Pertanian di Universitas Lambung Mangkurat.

Universitas Lambung Mangkurat Saat Ini

Dari yang awalnya hanya memiliki empat (4) fakultas, sekarang ini Universitas Lambung Mangkurat sudah memiliki sebelas (11) fakultas. Kalau kamu mau tahu lebih lanjut tentang fakultas apa saja yang ada di Universitas Lambung Mangkurat, kamu bisa cek ulasannya di sini.

Unsur pimpinan Universitas Lambung Mangkurat saat ini: Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, MSc., MSi., sebagai Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd , Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ir. H. Achmad Syamsu Hidayat, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, MSc.

Universitas yang sekarang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc ini mempunyai visi “Terwujudnya ULM sebagai universitas terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah”.

Sekarag ini akronim Unlam secara resmi diubah menjadi ULM. Perubahan akronim ini sejalan dengan harapan Universitas Lambung Mangkurat untuk terus berkembang sebagai kampus terkemuka. Universitas Lambung Mangkurat memiliki banyak prestasi.

Kampus Universitas Lambung Mangkurat

Universitas Lambung Mangkurat mempunyai tiga lokasi kampus. Lokasi kampus utamanya berada di Jalan Brigjen Haji Hasan Basri Kayu Tangi, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kampus utama ini juga disebut dengan kampus I. Di lokasi yang terletak di ibukota Kalimantan Selatan ini terdapat gedung kantor rektorat dan beberapa fakultas, seperti fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP), fakultas ekonomi, fakultas hukum, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP), dan beberapa program studi pascasarjana.

Selain itu, terdapat juga fasilitas penunjang yang diperuntukkan bagi mahasiswa, antara lain masjid, perpustakaan pusat, laboratorium bahasa, pusat studi Korea, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM), gedung organisasi kemahasiswaan, business center, lapangan olahraga, Open Space, dan ada pula Bank BNI yang akan membantu kamu dalam urusan transaksi keuangan.

Selain kampus I, Universitas Lambung Mangkurat juga mengembangkan lokasi kampus II yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani KM 36, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kampus II ini sering disebut sebagai kampus Banjarbaru. Selain di Jalan Ahmad Yani, kampus Universitas Lambung Mangkurat di Banjarbaru ini ada di dua titik lainnya, yaitu di Jalan Gotong Royong untuk tempat perkuliahan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan di Jalan Taruna Praja Sungai Sipai yang dijadikan lokasi perkuliahan untuk program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi.

Di kampus II terdapat beberapa gedung fakultas antara lain, fakultas pertanian, fakultas kehutanan, fakultas perikanan dan ilmu kelautan, fakultas teknik, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA), dan sebagian program studi fakultas kedokteran. Sama seperti di kampus I, di kampus II ini juga terdapat berbagai sarana penunjang, yaitu masjid, gedung laboratorium, ruang terbuka hijau, lapangan olahraga, dan berbagai fasilitas lainnya.

Kampus III Universitas Lambung Mangkurat beralamat di Jalan Veteran, Banjarmasin. Kampus yang masih berdekatan dengan kampus I ini lebih dikenal dengan kampus kedokteran, karena hanya terdapat satu fakultas di sini, yaitu fakultas kedokteran. Tentu saja, kampus III juga dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat membantu perkuliahan mahasiswa kedokteran, seperti tempat ibadah serta berbagai laboratorium yang digunakan untuk lokasi praktikum.

Laman: www.ulm.ac.id

Dasar Hukum Universitas Lambung Mangkurat:

  1. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI No. 42 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Lambung Mangkurat;

  2. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI No. 43 tahun 2016 tentang Statuta Universitas Lambung Mangkurat;

  3. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI No. 11 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI No. 42 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Lambung Mangkurat

    Keadaan Aset Fisik

        Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat mempunyai ruangan dengan perincian sebagai berikut:

  1. Ruang Kantor sebanyak 14 unit dengan luas 724 m2;

  2. Ruang Perkuliahan sebanyak 15 unit dengan luas 1.715 m2;

  3. Ruang Baca sebanyak 1 unit dengan luas 160 m2;

  4. Ruang Labratorium Hukum sebanyak 1 unit dengan luas 28 m2;

  5. Ruang Tele Conference sebanyak 1 unit dengan luas 80 m2;

  6. Ruang Server dan Operator sebanyak 1 unit dengan luas 40 m2;

  7. Ruang Sidang Skripsi sebanyak 2 unit dengan luas 200 m2;

  8. Ruang Guru Besar sebanyak 1 unit dengan luas 8 m2;

  9. Ruang Alumni sebanyak 1 unit dengan luas 8 m2;

  10. Ruang Unit Penjaminan Mutu sebanyak 1 unit dengan luas 16 m2;

  11. Ruang Pusat Kerjasama & Hubungan Internasional 1 unit dengan luas 9 m2;

  12. Ruang Jurnal sebanyak 1 unit dengan luas 18 m

  13. Ruangan tambahan yang ada pada Gedung A dan B Fakultas Hukum.

Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat saat ini termasuk Fakultas yang menerima bantuan dana IsDB untuk pembangunan fisik berupa gedung Aditorium, Raung Dekanat, Perkantoran, Peradilan Semu, Perpustakaan dan lain-lain, yang akan dipergunakan secara maksimal pada Tahun 2019 ini. Adanya penambahan gedung baru tersebut akan mengatasi jumlah kekurangan ruang perkantoran dan ruang kuliah, karena tingginya minat siswa yang belajar di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.